KUIS Pertemuan 6
1. Jelaskan apakah fungsi sebuah OS dalam
sebuah komputer ?
Sistem
Operasi (Operation System) adalah komponen pengolah piranti
lunak dasar essential component tersistem sebagai pengelola sumber daya
perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk
aplikasi perangkat lunak.
Fungsi sebuah Sistem Operasi (OS) dalam komputer
· Resource manager, merupakan pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya, Contoh: memori, CPU, Disk Drive dan perangkat lainnya.
· Interface ( tatap muka), yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang lebih mudah dipahami dan bersahabat (user friendly)
· Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan dapat diproses secara berurutan.
· Guardian, menyediakan akses kontrol yang bertugas untuk melindungi file dan memberi pengawasan pada data dan program.
· Gate Keeper, berfungsi sebagai pengendali hak akses oleh pengguna yang mengendalikan siapa saja yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
· Optimizer adalah penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunaan.
· Accountant befungsi untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.
· Server berfungsi untuk melayani pengguna komputer.
2. Apakah yang dimaksud
dengan Firmware, dan apa bedanya dengan OS ?
·
Firmware adalah perangkat lunak atau
bisa disebut sebagai program yang bersifat tetap, yang tertanam pada unit
perangkat keras seperti alat-alat elektronik, alat telekomunikasi dan
komponen-komponen komputer. Tidak ada batasan yang jelas yang dapat memisahkan
antara firmware dan software, hal ini dikarenakan keduanya merupakan istilah
deskriptif yang cukup luas.
·
Perbedaannya dari Firmware dan Sistem
Operasi itu adalah perbedaan tersebut terletak pada ketidakmampuan firmware
untuk secara otomatis berevolusi memperbaharui sendiri ketika ada permasalahan
pada fungsionalitas
3. Apakah yang dimaksud dengan cross platform
application dan berikan beberapa contoh aplikasi yang termasuk dalam cross
platform application.
Cross
Platform Application adalah sebuah perangkat lunak
(software) yang dapat digunakan di beberapa sistem operasi yang berbeda
(Microsoft Windows, Linux, Mac OS, BSD dan lain sebagainya)
Contoh aplikasi yang termasuk dalam cross platform
application :
a. Java
Runtime Environment
b. Skype
c. BitTorrent
d. MySQL
e. PHP
4. Apakah yang dimaksud dengan Virtual Memori dan
Buffer, Apakah fungsinya serta bagaimanakah cara kerja dari keduanya dalam
sebuah sistem operasi.
Virtual
Memori adalah uatu teknik yang memisahkan antara memori
logis dan memori fisiknya. Memori logis merupakan kumpulan keseluruhan halaman
dari suatu program.
Buffer
adalah area memori yang menyimpan data ketika mereka sedang dipindahkan antara
dua device atau antara device dan aplikasi.
Cara
Kerja:
Virtual
Memori digunakan pada saat sistem operasi kehabisan
memori, dimana sistem operasi akan memindahkan data yang paling terakhir
diakses kedalam swapfile di hardisk. Hal ini yang mengsongkan/membebaskan
bebrapa ruang kosong pada memori untuk aplikasi yang akan digunakan
selanjutnya. Sistem operasi akan melakukan hal ini secara terus menerus ketika
data baru diisi pada RAM. Pada saat data yang tersimpan di swapfile diperlukan,
data tersebut ditukar (swap) dengan data yang paling terakhir dipakai di dalam
memory (RAM). Hal ini mengakibatkan swapfile bersifat seperti RAM, walaupun
program tidak dapat secara langsung dijalankan dari swapfile. Satu hal yang
perlu dicatat bahwa beberapa program mungkin tidak akan berjalan walau dengan
swapfile yang besar jika kita hanya memiliki RAM yang kecil.
Buffer
Fungsi
·
Untuk Mengatasi perbedaan kecepatan
antara produsen dengan konsumen dari sebuah Aliran data.
·
Untuk menyesuaikan perangkat-perangkat
yang mempunyai perbedaan dalam ukuran transfer data.
·
Untuk mendukung copy semantics untuk
aplikasi I/O.
Cara
Kerja:
Sama dengan meng-copy
file dari komputer ke perangkat lain
5. Jelaskan dalam manajemen file, ada yang disebut
dengan swap file dan slack file, apakah yang dimaksud dengan swap dan slack
file tersebut
Swap
File adalah file/data yang di ambil dari sistem memori
atau RAM dengan mentransfer data dari RAM ke perangkat penyimpanan dalam bentuk
file swap sehingga komputer mempunyai memori free/space untuk menjalankan
program lain
Slack
File adalah sebuah ruang di antara akhir sebuah berkas
dan akhir dari gugus terakhir atau tembereng tajam yang digunakan oleh berkas
yang bersangkutan
6. Apakah yang dimaksud dengan virtual machine dan
mengapa muncul teknologi virtual machine serta sebutkan tools yang banyak
digunakan untuk kepentingan virtual machine ini.
Virtual Machine adalah program yang berguna untuk
melakukan simulasi suatu sistem PC lengkap dan sebuah mesin yang mempunyai
dasar logika yang menggunakan pendekatan lapisan-lapisan ( layers)dari sistem computer
Virtual Machine muncul karena adanya keinginan untuk
menjalankan banyak sistem operasi pada satu komputer.Teknologi virtual machine
memiliki banyak kegunaan seperti memungkinkan konsolidasi perangkat keras,
memudahkan recovery sistem, dan menjalankan perangkat lunak terdahulu. Salah
satu penerapan penting dari teknologi VM adalah integrasi lintas platform
Tools yang banyak digunakan
·
Virtual Box
·
VMware Player
·
Windows Virtual PC
7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan shareware,
freeware, open source, and
public-domain software serta propietary software.
Berikan masing-masing contoh 3 jenis aplikasi yang termasuk didalamnya.
Shareware adalah sebuah software yang dapat di
download tanpa biaya (gratis) tetapi mempunyai batasan waktu yang ditentukan.
Jadi jika pemakaian software ini sudah melebihi batas waktu yang ditentukan,
software ini meminta si pengguna membeli full version atau fitur software
aslinya
Contoh
1.
IDM
2.
Athan
3.
Winrar
Freeware adalah sebuah software yang
bisa di download dan digunakan dengan gratis, tetapi kita sebagai pengguna
tidak bisa melihat source code software tersebut karena masih memiliki batasan
atas hak cipta pengguna. Maksudnya, meskipun menggunakan freeware tersebut kita
sebagai pengguna tidak boleh melanggar hak cipta atas software tersebut,
misalnya penggandaan untuk orang lain atau menggunakan software tersebut untuk
kepentingan lain.
Contoh
1.
PhotoScape
2.
Winamp
3.
LINE
Open Source adalah software yang dapat di download
dan source code-nya dapat dibuka oleh publik sehingga pengguna tersebut bisa
mengubah dan memperbaiki software tersebut, bahkan dapat dikembangkan secara kolaborasi.
Tetapi yang dapat mengubah-mengubah atau memodifikasi software tersebut harus
pengguna yang sudah paham mengenai code-code.
Contoh
1.
Linux
2.
Google
3.
gGO
Public Domain Software
adalah program yang diberikan oleh pengembang (pembuat) kepada seseorang dan
orang tersebut diberikan hak penyalinan serta kepemilikan sepenuhnya.dan tidak
memiliki hak cipta
Contoh
1.
Mp3 Player
2.
STP
3.
Adobe
Proprietary software
merupakan software yang dilindungi oleh hak cipta dari penyalahgunaan dan
penggunaan tidak resmi. Proprietary software umumnya dijual dengan harga yang
cukup tinggi dan tidak menyertakan source code pada pembelinya.
Contoh
1. GNU
2. Windows
3. Mac
0 Response to "KUIS Pertemuan 6"
Posting Komentar