Social Media
Assalamualaikum Wr. Wb
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah, SWT, yang telah melimpahkan karunia, kenikmatan, kesehatan dan kelapangan hati kepada kita semua.
Kali ini saya akan membahas tentang apa itu Social Media?
Social Media mungkin sudah gak asing lagi bagi kita semua, sudah semua penjuru di dunia rata - rata memakai social media. Social Media itu adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Selain itu sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Sosial media dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar yaitu :
1. Social Networks adalah media media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi.
2. Discuss adalah media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi.
3. Share adalah media sosial yang memfasilitasi kita untuk saling berbagi file, video, music, dll.
4. Publish
5. Social Game adalah media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama - sama.
6. MMO
7. LiveStream
8. dll
Sosial media yang sering digunakan masyarakat masa kini adalah jejaring sosial. Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Twitter, dll. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Ketika teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini jejaring sosial bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan tampak mulai menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita. konvensional dalam menyebarkan berita-berita. Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri..
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
Media sosial mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
Media sosial mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :
- Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
- Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
- Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
MIND MAP SOCIAL MEDIA
Pertumbuhan Media Sosial
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
Peran dan Fungsi Media Sosial
Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog, facebook, twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.
Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional, antara lain :
- Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.
- Membangun Hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.
- Jangkauan Global
Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.
- Terukur
Dengan sistemtracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.
Fungsi Media Sosial
Ketika kita mendefinisikan media sosial sebagai sistem komunikasi maka kita harus mendefinisikan fungsi-fungsi terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :
- Administrasi
Pengorganisasian proofil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar anda sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog organisasi dan integrasi konten dalam masyarakat yang relevan. Riset pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.
- Mendengarkan dan Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengar apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.
- Berpikir dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaiman anda akan tetap didepan pasar dan begaiman anda berkomunikasi ke pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.
- Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif sangat penting untuk mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.
Jenis - jenis Media Sosial :
1. Jejaring Sosial (Social Networking)
Adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga maupun kenalan melalui pesan teks. Disamping itu, kita juga dapat membagikan info pribadi (walau tetap harus memilah mana yang patut dibagi mana yang tidak).
Percakapan online melalui jejaring sosial ini meliputi percakapan pribadi orang per orang maupun percakapan grup atau komunitas.
Lalu yang paling penting adalah kita dapat menjalin relasi dengan rekan bisnis atau pelanggan demi memperlancar pekerjaan profesional.
Social networking terpopuler adalah;
- Personal: Facebook, Google+, Myspace, Friendster, Bebo, Hi5.
- Profesional & Bisnis: Linkedin, Focus, Beknown.
- Komunitas: Social Gaming.
2. Penanda Sosial (Social Bookmark)
Adalah sebuah platform media sosial yang memungkinkan pengguna internet untuk berbagi link karya dan mempromosikannya ke jaringan yang lebih luas.
Kebanyakan pengguna menggunakan situs social bookmark ini untuk meningkatkan lalu lintas (Traffic) blog atau website bisnis mereka.
Situs social bookmarking terpopuler adalah:
- International: Digg, Delicious, Reddit.
- Indonesia: Lintas me, Melintas net.
Adalah sebuah platform yang memudahkan pengguna Internet untuk berbagi hasil karya audio / visual / audio visual, (atau lebih sering di sebut file multimedia) kepada khalayak ramai.
Tujuan dibaginya file ini pun berbagai macam. Ada yang mengarah ke kepentingan bisnis (berpromosi untuk diperjual belikan), Ada juga yang bersifat pribadi yaitu hanya ingin berbagi dengan teman-teman di sosmed.
Situs multimedia sharing terpopuler adalah:
Photo Sharing: Instagram, Flickr, Pinterest, Picasa.
Audio / Video Sharing: Reverbnation, Youtube, Dailymotion.
File / Document Sharing: Dropbox, iCloud, OneDrive.
4. Blogging, Micro-blogging & Forum
Ini merupakan sebuah platform Internet yang memungkinkan pengguna untuk berbagi isi pikiran, informasi, berita dan bisnis online secara sekaligus dalam satu halama.
Pemilik akun dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya dan berdiskusi secara langsung di halaman posting.
Situs Blogging yang populer: Blogger, Wordpress.
Situs Microblogging yang populer: Twitter, Tumblr.
Situs Forum yang populer: Kaskus, Bersosial.
5. Kolaborasi (Wiki)
Bila situs sosial lainnya lebih sering di gunakan dan dikembangkan secara personal atau pribadi, kalau yang ini lebih asyik, karena kita bisa menerbitkan info secara bersama-sama.
Maksudnya, pengguna internet lainnya atau teman-teman kita dapat bergabung untuk memperbaiki atau menambahkan info tentang suatu topik dan pastinya bisa sekalian mempromosikan website atau bisnis kita dengan cara menyertakan link sumber di halaman tersebut.
Intinya; Wiki merupakan halaman internet yang berisi informasi tertentu dan dapat dengan bebas diedit oleh pengguna lain.
Situs-situs wiki ini tidak hanya bisa dimasukkan ke jenis media sosial, tetapi juga dapat dikategorikan sebagai salah satu jenis website secara umum.
Situs Wiki terpopuler adalah: Wikipedia, WikiHow, WikiAnswer, Wikia.
Daftar Jejaring Sosial dari Indonesia
Apa-apa saja situs yang didesain sebagai jejaring sosial tersebut? Berikut daftarnya:
1. Fupei
Fupei merupakan singkatan dari Friend Uniting Program Especially Indonesia bisa dikatakan salah satu jejaring sosial tertua di Indonesia. Situs ini merpakan website komunitas berisi jurnal kesehatan dan juga kreativitas. Terdapat beragam fasilitas yang beragam yang tidak kalah dari website-website luar. Fupei punya sekitar 80.000 pengguna.
2. Koprol
Koprol adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia yang cukup populer sebenarnya yang akhirnya diakuisisi oleh Yahoo!. Koprol.com adalah social media berbasis lokasi, dengan memberi tahu lokasi sesama user Koprol dan menghubungkan sesama user-nya. Terdapat beragam pilihan fitur termasuk fitur check-in dan melihat user lainya yang ada di lokasi yang sama.
3. Indoface
Indoface.com adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia juga yang hampir mirip dengan Facebook dan Twitter dalam hal fitur. Terdapat beragam fitur, mulai dari update status, check-in, upload foto dan ada pula blog, vote dan my voice dan ingin dikembangkan agar bisa melakukan video chat. Pendirinya adalah Muhammad Fajar Putranto yang sebenarnya bukanlah berlatar belakang IT pada awalnya. Kita tunggu bagaimana sepak terjang IndoFace selanjutnya, semoga bisa berkembang lebih baik lagi.
4. Kombes
Situs ini hampir mirip dengan Twitter pada tampilan depannya, pengguna situs Kombes kebanyakan adalah dari Indonesia saja. Kombes.com merupakan perpaduan berbagai situs jejaring sosial yang ada.
5. Kwikku
Kwikku adalah situs jejaring sosial buatan mahasiswa Indonesia jurusan Teknik Informatika di suatu perguruan tinggi negeri di Malang. Situs ini sempat santer tahun lalu karena beragam fitur yang ditawarkan, mulai dari kwikku e-learning yang memfasilitasi kelas online, mall kwikku sebagai marketplace dan juga blogging serta cloud computing. Tidak ketinggalan fitur dating yang memfasilitasi para jomblo di Indonesia. Tahun 2013 lalu, Kwikku.com memenangkan penghargaan dari Research Expo on Computing 2013.
6. MindTalk
MindTalk.com dipelopori oleh Robin Marufi dan juga Danny Oei Wirianto yang awalnya mendirikan situs jejaring sosial Digaku.com tapi kemudian sepakat untuk membangun MindTalk. Situs jejaring sosial dari Indonesia ini berfokus pada saluran miat. Pengguna dapat mengiuti beragam saluran minat, mulai dari fotografi, teknologi, selebriti, kesehatan, fesyen, bisnis, pemasaran dan otomotif.
Pengguna dapat berbagi video, foto sampai dengan artikel. Tahukah Anda bahwa MindTalk mempunyai 180.000 pengguna, melebihi dari target pendirinya yakni 100.000 pengguna. MindTalk juga membuka API agar pengembang bisa membuat aplikasi ataupun game untuk MindTalk. Rencananya MindTalk ingin mengekspansi negara-negara lainnya di Asia Tenggara dan India. Semoga berhasil!
7. Sebangsa
Sebangsa.com adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia yang teranyar! Didirikan pada tahun 2014 sehingga bisa terbilang masih baru. Namun, social media Sebangsa ini punya keunikan yakni KONTEN LOKAL yang terasa ‘Indonesia Banget’. Social media ini bisa dibilang mirip Path dan Twitter dengan fitur linimasa dan bisa juga meng-update status dan foto dan kegiatan lainnya.
Tidak hanya itu, fitur menarik Sebangsa adalah menghubungkan pengguna dengan berbagai layanan publik seperti kepolisian dan pemadam kebakaran. Selain itu, terdapat pula fitur Pesan Panik yang berfungsi mengirimkan pesan kepada 5 orang terdekat apabila dalam keadaan darurat. Fitur Pesan Jaga-jaga yang memungkinkan posisi pengguna bisa diketahui oleh 5 orang terdekatnya dengan mengaktifkan GPS.
0 Response to "Social Media"
Posting Komentar